Daihatsu Pamer Konsep Hy-Fun, Mobil Hybrid Canggih dengan Fitur Voice Command

Daihatsu Pamer Konsep Hy-Fun – Tangerang Selatan – Seperti tahun-tahun sebelumnya, Daihatsu selalu memamerkan karya inovasi Research and Development (R&D) mereka dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Kali ini, PT Astra Daihatsu Motor memajang konsep MPV canggih dengan nama Hy-Fun. Mobil enam penumpang ini ditenagai mesin hybrid dan fitur voice commands.

Pada sisi eksterior, bodi mobil Hy-Fun memiliki desain aerodinamis, dengan gaya agresif dan sporty. Hy-Fun terlihat semakin sporty dan milenial dengan disematkannya pelek 20 inci.

Kendaraan konsep ini dibekali dengan pintu otomatis Suicide Side Door Closing Motion. Baik pada sisi pintu baris pertama, maupun kedua bisa dibuka secara otomatis. Walaupun didesain tanpa handle, namun pintu dapat dibuka melalui sensor dan Face Recognition.

Sensor pada pintu Daihatsu Hy-Fun akan membaca gerak tubuh tertentu tanpa harus menyentuh mobil ini. Fitur Face Recognition berfungsi untuk membuka atau pun mengunci pintu mobil Daihatsu Hy-Fun sehingga lebih aman.

Konsep Hy Fun yang kita bikin ini adalah kelanjutan GIIAS 2018 lalu, dimana waktu itu kita menjelaskan teknologi hybrid.Sekarang kita kembangkan lagi jadi kendaraan. Ini adalah kendaraan yang menggabungkan smart dan entertainment,”jelas Sonny Satria, Executive Coordinator Design Engineering R&D ADM, beberapa waktu lalu.

Tampilan konfigurasi jok Daihatsu Hy-Fun
Tampilan konfigurasi jok Daihatsu Hy-Fun

Dengan menggunakan platform DNGA, Hy-Fun ini sudah full connected dengan gadget. Ini memungkinkan pengguna untuk menyalakan atau mematikan mesin, AC (Air Conditioner) dan membuka jendela melalui smartphone. Dengan demikian, pengoperasian fitur Daihatsu Hy-Fun oleh pengguna tidak harus masuk ke dalam mobil.

Platform DNGA ini menurut Sonny memadukan antara teknologi dan fitur pada kendaraan. Platform ini telah hadir pada sosok New Daihatsu Tanto yang debut pada Juli lalu di Jepang. PT ADM nantinya juga akan menggunakan platform itu untuk mobil yang mereka produksi di Indonesia.

“DNGA memadukan antara komponen dengan fitur pada kendaraan. Ini adalah suatu konsep pada kendaraan, berikut fitur, dan powertrain yang sudah termasuk didalamnya. Karena kita sudah riset, pastinya DNGA itu akan kita implementasi di Indonesia,” tuturnya.

Desain luar mobil konsep Daihatsu Hy-Fun
Desain luar mobil konsep Daihatsu Hy-Fun

Daihatsu Hy-Fun Akomodir Fitur Voice Command

Daihatsu secara global telah memiliki fitur teknologi voice command dan telah masuk ke Indonesia pada Hy-Fun. Sayangnya, Daihatsu masih kalah langkah dari Wuling yang memiliki voice command berbahasa Indonesia. Sementara itu, teknologi perintah suara milik Daihatsu hanya bisa bahasa Inggris.

Menyadari kelemahan itu, Sonny berjanji akan mengatasinya. Bahkan, ia sebagai tim pengembangan juga mempersiapkan opsi bahasa Inggris untuk unit ekspor.

“Untuk voice command, teknologi ini kita sudah ada. Cuma saya pikir, apakah mobil ini nantinya khusus Indonesia atau ekspor. Bila untuk ekspor bisa kita siapkan karena untuk bahasa bukan masalah berat,” kata Sonny.

Daihatsu Hy-Fun juga mendukung fitur full entertainment yang dapat terintegrasi dengan device pengguna. Sinkronisasi smartphone ini digunakan untuk mendengarkan lagu, hingga bermain gim yang didukung dengan 4 unit VR (Virtual Reality) masing-masing pada baris pertama dan kedua.

Dengan adanya fitur voice command dan New Smart Assist ini, konsep Daihatsu Hy-Fun memberikan kemudahan dan keamanan pada pengguna dalam menggunakan mobil ini sehari-hari. Hy-Fun yang tampil perdana di dunia ini sangat cocok untuk digunakan bagi generasi dan keluarga milenial yang sangat erat terhubung dengan device dan teknologi.

“Daihatsu menampilkan Hy-Fun sebagai World Premiere Concept Car berbasis DNGA. Mobil ini didukung dengan beragam fitur canggih yang full connected dan serba terintegrasi di dalamnya. Kami berharap mobil ini dapat menjadi salah satu pilihan terbaik untuk masyarakat Indonesia di masa mendatang,” pungkas Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pada kesempatan yang sama. (dms)

Leave comment